ujian tulis sim c
Edukasi

Tips Lulus Ujian Tulis SIM C, Dijamin Berhasil

Ujian Tulis SIM C – Untuk memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) haruslah melewati serangkaian tes atau ujian untuk memastikan kelayakan pengemudi, biasanya ujian membuat SIM C ini terdiri dari ujian tulis SIM C dan ujian praktek SIM C. Ujian pembuatan SIMĀ  dilaksanakan di kantor Samsat masing-masing wilayah.

Sebelum menjalani ujian pembuatan SIM C, sebaiknya pemohon mempersiapkannya dengan sebaik mungkin untuk mengurangi resiko gagal dalam ujian. Mengingat mengendarai kendaraan merupakan tanggung jawab yang besar, sehingga kualifikasi untuk lulus ujian pembuatan SIM ini pun harus betul-betul pemohon yang sudah menguasai. Berikut tips lulus ujianĀ  :

Tips Lulus Ujian Tulis SIM C, Dijamin Berhasil

1. Cari Informasi

Selain ujian praktek untuk membuat SIM C juga harus melewati ujian tulis SIM C, sebelum mengikuti ujian pemohon sebaiknya mencari referensi dari berbagai sumber terkait proses ujian pembuatan SIM C ini, berapa soal yang diujikan, berapa lama waktu ujian yang diberikan, dan berapa jumlah soal yang akan keluar pada saat ujian.

2. Kerjakan Latihan Soal

Selanjutnya pemohon bisa mengerjakan latihan soal ujian tulis SIM C yang bisa di dapatkan di internet, saat ini banyak sumber yang membahas contoh-contoh soal ujian tulis untuk SIM C ini. Dengan begitu saat ujian pemohon sudah memiliki gambaran tentang soal apa yang akan keluar nanti, biasanya soal latihan tidak berbeda jauh dengan soal yang diujikan sebenarnya.

3. Mempelajari Teori Aturan Lalu Lintas

Tujuan pembuatan SIM sendiri salah satunya adalah sebagai bukti kompetensi pengemudi, jadi akan lebih baik jika sebelum menjalani ujian pemohon mempelajari teori aturan lalu lintas terlebih dahulu. Teori aturan tata tertib berlalu lintas sebagai berikut :

  • Rambu-rambu lalu lintas, dalam berkendara sudah seharusnya pengemudi memahami aturan berlalu lintas yang ada di jalan raya. Nah teori ini sudah pasti akan keluar dalam ujian teori SIM C.
  • Batas kecepatan maksimum kendaraan, dalam berkendara di jalan raya ada batas kecepatan tertentu yang harus dipatuhi oleh pengendara. Teori ini wajib juga dipelajari oleh pemohon SIM C.
  • Kelengkapan kendaraan, hal yang satu ini tak kalah pentingnya. Kendaraan harus dilengkapi dengan atribut yang sesuai dengan aturan yang berlaku, contohnya harus ada plat nomor, lampu sein, kaca spion dan lainnya.
  • Peraturan perundangan dan sanksi-sanksi terhadap pelanggaran aturan lalu lintas yang berlaku di Indonesia. Ini hal yang paling penting, yang sudah pasti ada dalam soal teori ujian SIM C.
Baca Juga:  Praktis! Yuk Belajar HLOOKUP dan VLOOKUP Agar Paham!

4. Kuasai Materi

Setelah melakukan tips-tips diatas tadi, pemohon juga harus menguasai materi yang sudah di dapat tadi dengan baik. Agar saat menjawab soal ujian nanti pemohon bisa menuliskannya sesuai dengan teori-teori yang sudah dipelajari sebelumnya. Terutama teori-teori tentang perundang-undangan lalu lintas yang terdapat pasal-pasal di dalamnya karena teori tersebut tidak bisa diubah secara tata bahasa dan pengertiannya.

5. Kerjakan Ujian Dengan Fokus

Tips yang terakhir, pemohon harus fokus saat mengerjakan soal-soal ujian. Umumnya soal-soal ujian pembuatan SIM C ini terdiri dari 30 soal dan harus dikerjakan dalam waktu kurang lebih 15 menit. Jadi diperlukan fokus dan konsentrasi agar pemohon dapat menjawab soal-soal tersebut dengan baik dan tepat.

Demikianlah tips-tips mengerjakan ujian tulis SIM C yang perlu diperhatikan. Pemohon harus benar-benar menguasai materi yang akan diujikan dengan baik. Karena jika ujian gagal konsekuensinya pemohon wajib mengulang kembali rangkaian ujian membuat SIM. Jika dirasa belum menguasai materi ujian secara maksimal lebih baik ditunda terlebih dahulu untuk membuat SIM C.

5/5 - (1 vote)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *