ujian profesi advokat
Edukasi

Ikut Ujian Profesi Advokat?Perhatikan Hal Ini

Ujian Profesi Advokat – Mengikuti ujian profesi advokat adalah langkah selanjutnya dari seorang Sarjana Hukum. Tentu saja, banyak Sarjana Hukum berharap bisa lolos dari ujian yang super sulit ini. Untuk menjadi advokat sendiri, bukanlah hal yang bisa diwujudkan begitu saja. Banyak Sarjana Hukum yang berminat menjadi seorang advokat dan mengambil ujian ini. Alasannya bukan hanya karena rumpun ilmu yang diambil saja.

Namun juga, tantangan dalam kehidupan sebagai advokat. Butuh perjuangan yang tidak sebentar dan konsistensi untuk mengikuti ujian ini. Berikut akan dibahas hal-hal kecil yang harus diperhatikan oleh calon peserta ujian ketika ingin mengikuti ujian profesi satu ini.

Tata Cara Ujian Profesi Advokat

1. Pastikan Penyelenggara Ujian Merupakan Badan yang Kredibel

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika mengikuti ujian profesi advokat adalah badan penyelenggara ujian tersebut. Pastikan bahwa yang diikuti adalah ujian dari Lembaga maupun organisasi profesi Advokat yang profesional dan kredibel.

Para calon peserta bisa mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sebelum akhirnya mendaftar ujian. Jangan sampai, para calon peserta terjebak pada ujian abal-abal yang diadakan oleh Lembaga advokat palsu dan tidak bertanggung jawab.

2. Siapkan Stamina dan Kesehatan Tubuh Untuk Mengikuti Ujian

Giat belajar selama ujian memang merupakan hal yang baik. Namun, akan menjadi tidak baik jika dilakukan secara berlebihan. Karena itu, jangan hanya sekedar belajar saja. Namun calon peserta juga harus memperhatikan kondisi Kesehatan tubuhnya.

Baca Juga:  Tips Lulus Ujian Tulis SIM C, Dijamin Berhasil

Baca juga : Materi Les Untuk Anak SD Kelas 1

Jangan sampai, tubuh menjadi sakit atau malah drop ketika menghadapi hari ujiannya. Persiapan yang dilakukan sebelum-sebelumnya bisa menjadi sia-sia begitu saja. Jangan terlalu sering begadang demi belajar. Makan makanan yang bergizi dan jangan lupa untuk menyempatkan aktivitas olahraga di sela proses belajar.

3. Ikuti Simulasi Ujian Agar Semakin Mantap

Jika para calon peserta sangat takut dan gugup menghadapi ujian ini. Apalagi, untuk peserta yang baru pertama kali mengikuti ujian dan tidak memiliki gambaran bagaimana ujiannya akan berlangsung. Ada baiknya untuk mencoba mengikuti simulasi ujian. Jadi, para calon peserta bisa mendapatkan bayangan seperti apa proses ujian nanti berlangsung.

Sekarang ini, ada banyak simulasi-simulasi ujian online yang bisa diikuti secara gratis. Selain itu, para calon peserta bisa mengambil kelas-kelas bersama. Jadi, ada teman untuk belajar materi dan mereview materi bersama.

4. Ulangi-Ulangi Kembali Materi Secara Mendetail

Materi yang harus dipelajari untuk mendapatkan sertifikasi advokat ini memang sangatlah banyak. Namun, walaupun begitu para calon peserta tidak boleh meremehkan detail-detail pada materi.

Baca juga : Ujian Tulis SIM C

Lebih baik untuk mempelajari ulang lagi materi secara lebih detail lagi. Terutama pada saat waktu ujian sudah semakin dekat. Gunakan waktu yang tersisa untuk mereview semua materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Sekaligus untuk mengukur seberapa besar pemahaman calon peserta pada materi yang dipelajari.

5. Pastikan Peralatan Ujian Sudah Lengkap 

Selain pengetahuan dan stamina untuk ujian. Para calon peserta juga harus menyiapkan ‘alat perang’ yang baik untuk menghadapi ujian ini. Biasanya ujian tertulis profesi advokat ini memerlukan pensil dengan standar 2B dan penghapus yang bersih.

Baca Juga:  Berikut Info Lengkap Ujian Masuk UGM Tahun 2022, Sudah Tahu?

Jika, tes dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer. Pastikan perangkat bekerja dengan baik sebelum mengerjakan. Jika ada kendala, lebih baik dilaporkan pada pengawas sedini mungkin.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengikuti ujian profesi advokat. Hal-hal di atas memang terkesan remeh. Namun, dengan melakukannya para calon peserta bisa menjadi selangkah lebih dekat dengan impiannya menjadi seorang advokat yang bersertifikasi.

5/5 - (1 vote)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *