cara ngecas aki kering
Otomotif

5 Cara Ngecas Aki Kering Yang Dapat Dilakukan Di Rumah

Cara Ngecas Aki Kering – Umumnya masyarakat tahu bahwa hanya aki basah yang dapat di cas. Padahal aki kering juga bisa di cas bahkan dianjurkan oleh para teknisi kendaraan yang sudah berpengalaman sebagai bagian dari perawatan aki. Cara ngecas aki kering sebenarnya sangat mudah jika sudah memiliki charger yang tepat. Simak caranya di bawah ini:

5 Cara Ngecas Aki Kering Yang Dapat Dilakukan Di Rumah

1. Cari Lokasi Yang Aman

Mengecas aki umumnya berlangsung dalam waktu yang lama hingga berjam-jam. Agar proses pengecasan berjalan lancar, carilah lokasi aman dan yang tidak terjangkau oleh anak-anak agar tidak terjadi kecelakaan. Anak-anak memiliki rasa penasaran terhadap hal-hal yang baru dan kemungkinan memegang alat charger dapat terjadi sehingga memicu kecelakaan.

Selain anak-anak, faktor yang dapat mengganggu proses pengecasan aki adalah air. Pastikan lokasi pengecasan berada di tempat yang kering dan bebas dari cipratan air. Cipratan air akan menyebabkan korsleting listrik dan membuat aki menjadi rusak. Usahakan melakukan pengecasan di tempat yang terlindung dari air hujan contohnya di garasi yang tertutup.

2. Pastikan Sumber Listrik dalam Kondisi Stabil

Cara ngecas aki kering berikutnya adalah memperhatikan kondisi sumber listrik. Listrik yang akan digunakan untuk mengecas aki kering haruslah berada dalam kondisi stabil dan tidak terputus. Jika menggunakan sumber listrik dari rumah, pastikan tidak akan ada pemadaman listrik pada saat proses pengecasan tengah berlangsung.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas Paling Ampuh

Baca juga : Warna Pelek Motor Beat Yang Bagus

Beberapa jenis charger disetting untuk mengulang proses pengecasan dari awal jika mendadak arus listrik terputus walaupun proses pengisian daya sudah berjalan sepenuhnya. Jika pengecasan sudah berlangsung lama bahkan hampir selesai dan tiba-tiba arus listrik padam, maka akan sangat menjengkelkan jika harus mengulang dari awal lagi.

3. Siapkan Charger dan Aki yang Akan Dicharge

Setelah memastikan arus listrik dalam kondisi stabil, siapkan charger dan aki yang akan diisi daya. Pastikan juga kondisi aki kering apakah hanya lowbat, drop atau sudah benar-benar rusak. Jenis aki juga harus diperhatikan apakah jenis aki kering MF atau aki kering yang berisi gel. Hal ini akan berpengaruh pada cara mengecas.

Jenis charger juga harus diperhatikan. Gunakan charger yang memiliki voltase dan arus yang stabil. Pakailah charger yang memiliki fitur Cut Off agar arus listrik terputus secara otomatis pada saat aki sudah terisi penuh. Hal ini akan membantu aki agar terhindar dari kerusakan akibat overcharge.

4. Lakukan Pengecasan dengan Daya yang Sesuai

Sambungkan kabel charger ke aki kering yang akan di cas. Hubungkan dengan terminalnya jangan sampai terbalik. Kabel merah untuk terminal plus dan kabel hitam untuk terminal minus. Saat menyambungkan kabel charger ke aki sangat penting untuk memperhatikan terminalnya karena jika sampai terbalik akan menyebabkan korsleting dan aki menjadi rusak.

Baca juga : Cara Pasang Relay 5 Kaki Lampu Mobil

Jangan melakukan pengecasan dengan daya yang terlalu besar. Jika mengecas aki kering sepeda motor yang memiliki daya 4,2 ampere maka cukup diisi daya menggunakan charger berkekuatan 2 ampere. Proses pengecasan memang akan lebih lama namun aman untuk dilakukan agar aki tidak overload.

5. Cabut Kabel Jika Pengisian Daya Sudah Selesai

Pada saat melakukan pengecasan aki menggunakan charger buatan sendiri, umumnya pengguna akan mengecek status pengisian daya dari suhu aki contohnya dengan memegang bagian samping dari aki tersebut. Jika sudah terasa hangat maka diperkirakan aki sudah terisi penuh.

Baca Juga:  Tips Memilih Warna Pelek Motor Beat Yang Bagus

Jika menggunakan charger aki khusus umumnya memiliki lampu indikator khusus yang akan menyala jika proses pengisian daya sudah selesai. Apabila proses charging atau pengisian daya sudah selesai, segera cabut kabel dari terminal. Status daya aki dapat di cek dan pastikan tegangannya berada diatas 12,5 Volt dan aki sudah dapat digunakan kembali.

Demikian ulasan mengenai cara ngecas aki kering yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Jika setelah di charge aki masih lemah dan menunjukan tegangan di bawah 12,5 Volt maka ada kemungkinan bahwa aki memang sudah drop atau rusak. Hal ini akan membutuhkan penanganan yang lain dan bisa jadi pengguna harus mulai bersiap membeli aki baru.

5/5 - (1 vote)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.