cara mengatasi mesin motor cepat panas
Otomotif

5 Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas Paling Ampuh

Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat PanasMaintenance rutin pada motor, pastinya akan membuat motor lebih nyaman dan terhindar dari kerusakan. Misalnya kerusakan pada mesin motor yang cepat panas. Tidak jarang, pengguna motor mengeluhkan hal tersebut, maka dari itu pengguna harus memahami bagaimana cara mengatasi mesin motor cepat panas.

Sebagian orang mungkin masih awam untuk mempraktekan cara itu. Tapi tenang saja, berikut ini ada cara atau tips untuk mengatasi motor cepat panas:

5 Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas Paling Ampuh

1. Mengganti Oli Secara Rutin dengan Memilih Oli Berkualitas

Cara mengatasi mesin motor cepat panas yang pertama yaitu rutin ganti oli. Mengingat kegunaan oli ini sangat berperan penting untuk melumasi mesin. Hal itu, akan dapat mencegah adanya gesekan antara komponen-komponen mesin. Tidak hanya itu, oli juga berperan sebagai pengatur suhu mesin supaya tetap stabil. Sehingga, mesin tidak gampang panas dan kinerjanya akan jadi optimal.

Namun, pemilihan oli juga sangat penting. Pilihlah oli yang berkualitas dan cocok untuk jenis motor. Bisa dengan mengikuti buku panduan mengenai mesin yang diberikan oleh pabrik. Karena biasanya, setiap motor baru terdapat buku pedoman dimana di dalamnya terdapat rekomendasi jenis oli. Pengguna motor bisa memilih oli yang direkomendasikan, agar motor terhindar dari mesin yang panas.

2. Selalu Menjaga dan Mengatur Kerapatan Piston

Selanjutnya, menjaga dan mengatur kerapatan piston menjadi hal yang perlu diperhatikan untuk mengatasi mesin motor overheat. Jika piston terlalu rapat, akan membuat seher juga piston sulit bergerak bebas. Hal itu, akan memicu menghambatnya saluran pelumasan oli, yang akan berakibat naiknya suhu mesin.

Baca Juga:  Cara Pasang Relay 5 Kaki Lampu Mobil Terlengkap

Baca juga : Lem Tahan Panas Untuk Mesin Motor

Selain itu, juga dapat membuat blok dan mesin jadi rusak. Maka dari itu, untuk mencegahnya pasanglah piston sesuai standar yang ditetapkan oleh pabrik. Untuk itu bisa dibawa ke bengkel professional yang ada.

3. Selalu Cek Sistem Pendingin

Cara mengatasi mesin motor cepat panas, berikutnya yaitu selalu mengecek sistem pendingin. Setiap motor memiliki kipas yang gunanya untuk menjaga suhu mesin motor. Selain itu, menjaga suhu radiator tetap stabil dengan adanya sebuah sensor yang memberitahu.

Jika sesuatu hal terjadi pada pendinginan yang berupa kipas ini, maka efeknya pun kepada mesin motor jadi panas. Air radiator juga akan mengalami kenaikan suhu dan terjadilah overheat. Untuk itu, pengguna motor haruslah selalu mengecek kondisi dari pendingin ini. Jika, terdeteksi sistem pendingin rusak, bawalah segera ke bengkel yang mumpuni untuk mengatasinya.

4. Menjaga Ketersediaan Water Coolant

Water coolant merupakan suatu cairan pendingin yang biasanya didistribusikan ke semua bagian komponen mesin. Menjaga ketersediaan water coolant sangat diperlukan kaitannya untuk menjaga kestabilan suhu. Sehingga, ketika water coolant ini berkurang, maka suhu bisa saja naik dan mesin akan lebih cepat panas.

Baca juga : Cara Ngecas Aki Kering

Maka dari itu, sangat perlu mengecek apakah water coolant masih ada atau tidak. Biasanya untuk mengecek hal tersebut, perlu ke bengkel. Saat service rutin pengguna motor bisa meminta kepada tukang service untuk mengeceknya langsung. Sekaligus meminta untuk menambahnya jika sudah berkurang.

5. Mengistirahatkan Motor dan Memanaskannya

Terakhir, cara merawat mesin motor cepat panas adalah memperhatikan istirahat motor. Karena, jika pengguna menggunakannya untuk selama sehari-hari. Maka istirahatkanlah, paling tidak sehari, sebab motor juga butuh istirahat untuk tetap menjaga mesin yang overheat. Hal itu, juga berguna untuk memulihkan suhu mesin yang panas.

Baca Juga:  Tips Memilih Warna Pelek Motor Beat Yang Bagus

Tidak hanya itu, ketika pengguna motor akan memakainya usahakan setiap pagi rutin memanaskan. Sebab, cuaca yang dingin akan membantu sirkulasi komponen menjadi baik dan kondisi oli juga akan baik dalam melakukan fungsinya. Hal ini, tentu akan membuat mesin dapat terhindar dari overheat atau mesin cepat panas.

Itulah tadi, beberapa cara mengatasi mesin motor cepat panas. Pengguna dapat melakukan pengecekan serta perawatan secara rutin untuk mencegahnya. Sehingga, motor akan semakin nyaman dan aman dalam melakukan perjalanan.

5/5 - (1 vote)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.